Rumah Betawi

“MASYARAKAT Betawi tergolong masyarakat rawa. Itu sebabnya mereka mengenal model rumah panggung,” kata Ridwan Saidi, tokoh Betawi yang sedang menyiapkan peluncuran buku riset sejarah garapannya: Babad Tanah Betawi.Namun, Ketua Tim Pengelola Perkampungan Budaya Betawi (PPBB) Agus Asenie Dipl Ing, praktisi arsitektur berpendapat, masyarakat Betawi sebenarnya tinggal di habitat yang beragam, sejak pesisir hingga pedalaman. Bahkan, sekarang juga tinggal di wilayah urban padat penduduk di tengah Kota Jakarta.

“Sehingga rumah panggung bukan satu-satunya sistem rumah tradisionilnya. Arsitektur rumah Betawi juga mengenal rumah darat. Jadi memang ada variasi pola arsitektur rumah sesuai dengan rentang sebaran komunitas Betawi dari pesisir yang mencari nafkah sebagai nelayan hingga pedalaman yang bercocok tanam padi sawah,” kata Agus, putra Betawi juga, asal Slipi.

rumah-betawi.jpg

Dua tahun terakhir Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Tim Pengelola Perkampungan Budaya Betawi yang dipimpin Agus Asenie melaksanakan proyek pemugaran sebuah rumah tradisional dan pembuatan rumah baru berarsitektur tradisional Betaw

i di kampung Setu Babakan, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Ini satu bagian kecil saja dari rencana proyek berjangka multi tahun di atas lahan 165 Ha, yang tidak saja bertujuan mengkonservasi arsitektur tradisional Betawi di kawasan itu, tapi juga berusaha membuat daerah tujuan wisata baru di selatan Jakarta. Lokasinya ideal karena adanya Danau Setu Babakan, berudara sejuk (24-26 derajad Celsius), berkontur (naik turun), dan sudah dihuni oleh komunitas Betawi yang masih lumayan mengukuhi adatnya.

Setiap Sabtu dan Minggu, di panggung berarsitektur Betawi yang dibikin oleh Tim

PPBB sudah rutin berlangsung atraksi wisata seperti tari ondel-ondel juga upacara adat seperti perkawinan dan khitanan, yang sudah mulai dikunjungi turis manca negara. Tahun lalu jumlah pengunjung sudah mencapai 10.000 orang, dengan salah satu daya tarik utama sebuah situs rumah tradisional Betawi yang dipugar PPBB milik warga setempat bernama Pak Samin Jebul (60).

MENURUT hitungan kasar Ridwan Saidi, saat ini ada tak kurang dari 3.000 rumah berarsitektur tradisional Betawi di kawasan hunian komunitas Betawi, sejak kawasan Pulau Seribu di utara, hingga Cileungsi di selatan, sejak Balaraja (Tangerang) di barat sampai Cikarang (Bekasi) di timur.

Sebegitu jauh, baik Ridwan Saidi maupun Agus Asenie mengutarakan, belum ada sumber sekunder yang berasal dari kalangan akademik tentang arsitektur rumah Betawi. Tidak ada primbon atau pustaka klasik yang berisi kodifikasi arsitektur Betawi, sehingga Ridwan mengaku harus meraba sendiri ciri khas arsitektur rumah

Betawi ini ketika meneliti, seraya dibandingkan dengan arsitektur rumah tradisional suku lain. Misalnya, bahwa masyarakat Betawi tidak mengenal fengshui, hukum arah angin sebagaimana masyarakat Tionghoa.

“Betawi pada awalnya adalah masyarakat river basin. Mereka membangun masyarakat berkelompok sepanjang sungai-sungai di kawasan ini. Ada belasan sungai besar di kawasan ini. Pintu depan rumah menghadap ke arah sungai. Akibatnya, setelah perlahan-lahan rumah Betawi masuk ke pedalaman, arah hadap rumah Betawi tidak teratur seperti rumah di Jawa yang berjajar menghadap jalan. Tetapi, sisa-sisa budaya DAS-nya masih tertinggal, biasanya dalam bentuk adanya sumur gali di depan rumah. Anda ingat Mandra atau Basuki di serial Si Doel kalau mandi di sumur di depan rumah mereka,” katanya.

Sekarang ini, terkena budaya kontemporer yang membataskan jumlah lahan yang kian menuntut pola arsitektur compact (ringkas), kata Agus, sumur depan rumah sudah kian hilang. Digantikan pompa-pompa listrik yang dipasang di belakang rumah.

Pada dasarnya ada tiga zoning di rumah tradisional Betawi, kata Ridwan Saidi. Kurang lebih mengikuti hukum arsitektur modern juga, kawasan publik (ruang tamu), kawasan privat (ruang tengah dan kamar) dan kawasan servis (dapur), tambah Agus. Dalam bahasa Betawi, kawasan publik yang berupa ruang tanpa dinding ini kawasan amben, disusul ruang tengah yang didalamnya ada kamar yakni wilayah pangkeng. Paling belakang adalah dapur atau srondoyan.

Masing-masing kawasan ini bisa merupakan bangunan sendiri, dengan pola atap sendiri. Bisa pula satu rumah utuh dengan sebuah saja pola atap, yang terbagi dalam tiga zona tadi. Variasi ini ditentukan status sosial ekonomi penghuninya. Jika setiap zona punya satu pola atap, masing-masing bisa berupa salah satu dari model atap pelana (segitiga sama sisi), atau limas dengan dua kali “terjunan” air hujan yang sudutnya berbeda. Atau lagi kombinasi dari kedua sistem atap ini.

Pilihan pola atap menurut Ridwan Saidi, tampaknya tidak terlalu menjadi tuntutan dalam arsitektur tradisional Betawi. Tidak seperti di Jawa yang sampai perlu ada selamatan khusus untuk itu. Bagi komunitas Betawi yang penting justru pembangunan pondasi rumah. Itu sebabnya, mereka mengenal selamatan “sedekah rata bumi”. Hanya saja, sambung Ridwan, selamatan ini dilakukan sesaat setelah kuda-kuda atap rumah sudah sempurna berdiri.

RIDWAN mencatat ada sebuah sudut penting, bahkan sakral dalam arsitektur Betawi. Yakni, konstruksi tangga, yang diistilahkan balaksuji. Sayangnya ini agak sulit ditemukan di rumah Betawi bukan panggung. Balaksuji adalah konstruksi tangga di rumah panggung Betawi. Rumah darat kadang-kadang juga punya, jika lantaran “kultur rumah panggung”, membuat pemilik rumah sengaja meninggikan lantai rumahnya dari permukaan tanah sekitar. Pada kasus demikian pemilik rumah juga membuat balaksuji, tangga menuju rumah.

Tak ada konfirmasi literer soal ini. Hanya saja Ridwan menjelaskan, inilah (boleh jadi) arti harafiah dari istilah “rumah tangga” yang dikenal selama ini.

“Sebuah keluarga yang utuh tinggal di rumah yang ada tangganya. Makanya, bernama rumah tangga. Tangga balaksuji ini bagian rumah yang sarat nilai filosofi. Bisa disamakan dengan tangga spiritual dalam tradisi Betawi. Mungkin bisa diidentikkan dengan prinsip tangga dalam arsitektur kebudayaan lain, seperti Borobudur, atau suku kuno Inca. Bahwa memasuki rumah lewat tangga adalah proses menuju kesucian. Idealnya jika ada sumur di depan rumah, siapa pun yang hendak masuk rumah harus membasuh kakinya dulu, baru naik tangga, sehingga masuk rumah dalam keadaan bersih. Ini memang bukan soal fungsi, tapi perlambang,” katanya.

Di rumah modern yang dihuni masyarakat Betawi sekarang, banyak hal sudah hilang, termasuk tangga balaksuji ini. Hanya saja, kata Ridwan, di sejumlah kampung balaksuji dipertahankan, atau pindah lokasi. Tangga ini tidak ada di rumah penduduk, tapi ada di masjid kampung. Balaksuji dipasang di tempat khotib berkhotbah. Tangga ini menjadi tangga menuju mimbar. Kesuciannya dipertahankan di rumah ibadah. (ody) Sumber: Harian Kompas, Minggu, 21 April 2002

About these ads

13 thoughts on “Rumah Betawi

  1. Assalamu A’laikum …
    salam kenal dari saya bang…
    bagus bangat blog nya mudah² menambah pengetahuan buat orang² betawi laennya.
    Wassalam

  2. Ass.
    Aye orang jawa tapi cuman lahir doang disono..jadi aye lebih kerasa orang betawi. sekarang tinggal di riau..aye rindu banget mo pulang k betawi..nyari karuk..apalagi ngliat blog betawi ni…kagak nahaaaan dah…

  3. Akhirnye nemuin juge blog tetang budaye betawi. Saye lahir sebagai orang betawi tapi yang namanya budaya betawi enggak tahu semuanye masih nutur-nutur ke sane-kemari termasuk di blog nyeng atu eni.

    Kebeneran tinggal di daerah srengseng (Jakarta pinggiran) deket setu babakan juga, jadi karena tinggal di kampung masih ngerasain juga dah tuh yang namanya permainan tradisionel ama makanan tradisionelnye tapinye tetep aje udah kagak lengkap baget alias bolong-bolong tradisi yang saye tangkep. Nanggepin komentar bang Dodik di atas saye jadi keingetan tuh ame yang namanya karuk, kalau dulu nyari karuk duren trus sampe rumah di buangin tuh bagian yang lengket2 (kadang di kasih air buat mainan bubur-buburan) pas udah bersih, dicuci, trus ditumis atawe dimasak laen kaya disantenin enak banget. Belom lama ini babeh saye tuh iseng-iseng nemenin temen yang kerja di ISTN… eh pagi-paginya bawa karuk duren; enak tuh udah lama enggak makan eh makan lagi, sedep banget maklum aje udah sekitar sepuluh tahun lebih ‘gak ketumu tuh makanan

    Pengen juga balik kaya dulu soalnye kalau cuma lenong ama gambang, trus makanan kaye lupis, lepet, laksa masih bisa ditemuin sekarang, tapi kalau nanggok rame-rame di kali, ngebak, nandur, jaga burung sambil narik-narik trantan, panen padi pake ani-ani kayaknya susah tuh, padahal baru sempet sampe jagain jemuran padi klw numbuk padi belum kuat maklum aje waktu itu biar kate aye cowok tapi masih kecil… belon kuat ngangkat alu cuma dipinggir lumpang ngeberesin padi yang pada meletik. Jadi pengen makan nasi meniran (beras tampihan yang patah dua/enggak utuh) soalnye nyeng utuh kan bakal dijual sebabnye jaman dulu kan kuli motong padi bayarannya padi juga ame duit sih tapi ‘gak gede-gede amat… kayaknye sedih yeh sampe2 kulit padi di jadiin dedek trus dijual juga kadang buat ngempanin ikan sendiri… yang ini kedemenan saye nih ngasih brayak tawes dedek sambil ngerasain di sundul-sundul brayak tawes yang lagi kecobokan di aer berebut dedek. Ah jadi kebanyakan ceritanye. Udahan ah sebelom didemo

    Sukses blog-nye bang, biar kite-kite yang baca bisa tambah tahu

  4. aye sih berharap ade juga yang mau bagi-bagi informasi soal betawi dan kalu bise dikopas ke blog aye biar semuenya pade tau …..makasih ya komennya……

  5. assalammualaikum aye lahir di jagakarsa ni berarti pan aye anak betawi juge ye
    aye cuma mao nambahin gambar rumahnye di tambah gitu biar pengetahuan kite tentang betawi khususnye arsitekturnye nambah kan baek but nyang laen juga
    gitu aje kayaknye makasih banyak yee
    assalammualaikum

  6. Sebagai yang lahir di Betawi tepatnye di Salemba, aye cinte banget ama budaya betawi, makanye ngerasa sedih betawi sekarang ude berubah banyak, polusi juga penuh sesek. Makasih Bang berbagi kate di blog eni. Mimpi banget pengin punya rume kyk nyang ntu…

  7. Assalaamualaikum….

    Setelah saye baca ulasan mengenai rumah dan budaya betawi, saye emang sengaja nyariin gambar rumah adatnye betawi.
    Barangkali saudare-saudare ada nyang punya itu gambar yang saye cari, tentunya saye bersyukur banget kalo ade nyang informasiin.

    Wassalaamualikum Wr. Wb.

  8. kalau mau liat rumah panggung betawi,saya pernah liat di daerah cibubur,dekat daerah kota wisata,itu rumah masih asli banget ,waktu itu tahun 2001 saya mau sholat jum’at lagi cari masjid dikampung maklum dikota wisata kaga ada masjid pas lewat ada rumah panggung saya berhenti sejenak sambil memperhatikan detail rumahnya,karena rumah betawinya lain dg rmh yg ada dikampung saya

  9. Abang2 n Mpok2,

    ada yang bisa bantu aye gak, tadi ane liat di salah satu stasiun TV yang di mampang, mengenai rumah makan betawi yang menyajikan Ikan gabus pucung (kuah hitam dr pucung/kluwek) dan lele gorengnya…. mmm… enak banget kayaknya…..

    sayangnya gak diinformasikan tempatnya…… ada yang tau gak tempatnya….. pengen coba juga nih….

    tks ya atas infonya……

  10. Harga Tanah Jakarta 2010
    DAFTAR HARGA TANAH DI Jakarta 2010

    DAFTAR PERKIRAAN HARGA-HARGA TANAH DI JAKARTA PER.APRIL 2010

    ( harga disusun berdasarkan hasil pemantauan permintaan jual dan beli yang terjadi di pasar )

    CATATAN :

    Harga tanah sangat bervariasi oleh :

    – Surat Hak ( Hak Milik, HGB , HPL , Hak Sewa/pakai, dll )

    – Bentuk Kavling ( Kotak dan tidak huk biasanya lebih mahal )

    – Ukuran Ideal ( lebar dibanding panjang min. 1 : 2, max. 1 : 3 )

    – Posisi kavling ( di pojok belakang biasanya lebih murah drpd di depan atau tengah )

    – Lebar Jalan

    – Letak kavling terhadap jalan ( tusuk sate biasanya susah terjual dan harganya murah )

    – Hadap ( arah mata angin , tergantung kecocokan fengshui masing2 orang beda )

    – Tanah yang sudah dibangun dinilai plus 5 – 10%

    Jakarta Utara

    – Kelapa Gading

    Janur Elok Rp.5.000.000 – 6.500.000

    Janur Indah Rp. 6.000.000 – 8.000.000

    Janur Kuning Rp. 4.500.000 – 5.000.000

    Janur Hijau Rp. 4.000.000 – 4.500.000

    Kelapa Molek / Kelapa Hijau / Sumaagung Rp. 3.000.000 – 4.000.000

    Bukit Gading Villa Rp.15.000.000 – 20.000.000

    Bukit Gading Mediterania Rp. 10.000.000 – 12.000.000

    Villa Gading Indah Rp.5.500.000 – 7.500.000

    Villa Artha Gading Rp.11.000.000 – 15.000.000

    Gading Kirana Rp.7.500.000 – 9.000.000

    Kelapa Nias Rp. 4.000.000 – 5.000.000

    Janur Asri / Kelapa Hibrida Rp.3.500.000 – 4.000.000

    Kelapa Lilin / Gading Indah Rp.6.000.000 – 6.500.000

    Villa Permata Gading Rp. 6.000.000 – 7.000.000

    Grand Orchard / Royal Orchard Rp. 8.000.000 – 10.000.000

    – Pantai Indah Kapuk

    Gold Coast Rp 9.500.000 – 11.000.000

    Garden House Rp.7.500.000 – 8.500.000

    Bukit Golf Mediterania Rp.5..500.000 – 7.500.000

    Layar Rp. 4.500.000 – 5.000.000

    Mediterania PIK Rp.7.000.000 – 8.000.000

    Mayang Rp. 5.000.000 – 6.500.000

    Katamaran Rp.5.000.000 – 6.500.000

    Florence Rp. 6.000.000 – 7.000.000

    Taman Golf Rp. 6.500.000 – 8.000.000

    Grisenda Rp.4.500.000 – 5.500.000

    Camar Rp.4.500.000 – 5.000.000

    Elang Laut Rp. 4.200.000 – 5.000.000

    Manyar Rp.4.500.000 – 5.500.000

    Crown Golf Rp. 8.000.000 – 9.000.000

    -Pluit

    Pantai Mutiara Rp.4.500.000 – 7.000.000

    Pluit Karang Rp.3.800.000 – 4.500.000

    Pluit Murni Rp. 4.500.000 – 5.500.000

    Pluit Indah Rp.6.000.000 – 7.000.000

    Pluit Sakti Rp. 4.500.000 – 5.000.000

    Pluit Barat Rp.4.000.000 – 4.500.000

    Pluit Putri Rp.4.000.000 – 5.000.000

    Pluit Permai Rp.4.200.000 – 6.000.000

    Pluit Timur Rp. 4.000.000 – 4.500.000

    Pluit Raya Rp.5.500.000 – 7.500.000

    Pluit Samudra Rp.4.000.000 – 5.000.000

    Muara Karang Rp. 4.000.000 – 4.500.000

    – Ancol

    Pangandaran Rp.4.000.000 – 4.500.000

    Parangtritis Rp.4.000.000 – 5.000.000

    Karangbolong Rp.4.000.000 – 4.500.000

    The Green Rp.7.000.000 – 7.500.000

    The Forest Rp.7.500.000 – 8.000.000

    The Bukit Rp.7.000.000 – 7.500.000

    Pantai Kuta Rp. 4.500.000 – 5.000.000

    Pantai Sanur Rp.4.500.000 – 5.000.000

    Pasir Putih Rp.4.500.000 – 5.500.000

    Puri Jimbaran Rp.6.000.000 – 6.500.000

    – Sunter

    Agung Utara Rp.4.000.000 – 4.500.000

    Sunter STS Rp.3.500.000 – 4.000.000

    Paradise 1 Rp.4.000.000 – 4.200.000

    Paradise 2 Rp. 4.000.000 – 5.000.000

    Paradise 3 Rp.5.000.000 – 7.000.000

    Sunter garden Rp.5.000.000 – 6.000.000

    Sunter Metro Rp.5.000.000 – 6.500.000

    Agung Perkasa Rp.4.000.000 – 5.000.000

    Danau Agung Rp.5.000.000 – 5.700.000

    Agung Tengah / Agung Indah Rp.4.000.000 – 5.500.000

    Danau Indah Rp.4.500.000 – 5.500.000

    Sunter Indah / Danau Asri Rp.4.000.000 – 4.500.000

    Sunter Hijau Rp.3.500.000 – 4.500.000

    Sunter Jaya Rp.3.500.000 – 4.000.000

    Sunter Bisma Rp.4.000.000 – 5.500.000

    Jakarta Pusat

    – Griya Inti Sentosa Rp.6.000.000 – 8.000.000

    – Angkasa Rp.4.000.000 – 5.000.000

    – Kepu Dalam Rp.3.000.000 – 3.500.000

    – Tamansari Rp.4.000.000 – 5.000.000

    – Gajah Mada Rp.5.000.000 – 8.000.000

    – Pademangan Rp. 3.000.000 – 4.000.000

    – Gunung Sahari Rp.5.000.000 – 8.000.000

    – Tanah Abang Rp. 7.000.000 – 15.000.000

    – Fakhrudin Rp.12.000.000 – 25.000.000

    – Kebon Kacang Rp.5.000.000 – 7.000.000

    – Cideng Rp.4.500.000 – 6.000.000

    – Menteng Rp.7.000.000 – 15.000.000

    – Teuku Umar Rp 10.000.000 – 12.000.000

    – HOS Cokroaminoto Rp. 8.000.000 – 12.000.000

    – Imam Bonjol Rp.12.000.000 – 14.000.000

    – Teuku Umar Rp.9.000.000 – 14.000.000

    – Jalan Suwiryo Rp. 7.000.000 – 9.000.000

    – Jalan Jambu Rp. 6.000.000 – 7.000.000

    – Jalan Syamsurizal Rp. 7.000.000 – 10.000.000

    – Jalan Jeruk Rp.6.000.000 – 7.000.000

    – Jalan Surabaya Rp.7.500.000 – 10.000.000

    – Jalan Diponegoro Rp.12.000.000 – 15.000.000

    – Cikini Raya Rp.7.000.000 – 10.000.000

    – Jalan Gereja Theresia Rp. 10.000.000 – 12.000.000

    – Jalan MH.Thamrin Rp.13.000.000 – 18.000.000

    – Jalan Jendral Sudirman Rp. 15.000.000 – 25.000.000

    – Jatinegara Rp.3.000.000 – 6.000.000

    Jakarta Barat

    – Puri Indah Rp.6.000.000 – 8.500.000

    – Kebon Jeruk Rp.4.000.000 – 5.000.000

    – Meruya Rp.3.000.000 – 4.500.000

    – Puri Kencana Rp.5.500.000 – 6.500.000

    – Sunrise Garden Rp.4.000.000 – 5.000.000

    – Green Garden Rp.4.000.000 – 5.000.000

    – Puri Botanical Rp.4.500.000 – 5.500.000

    – Tomang Rp.3.500.000 – 6.000.000

    – Citra Garden Rp.2.500.000 – 3.500.000

    – Taman Palem Rp.3.000.000 – 4.500.000

    – Daan Mogot Rp. 3.000.000 – 4.500.000

    – Cengkareng Timur Rp. 2.000.000 – 3.500.000

    – Tubagus Angke Rp.4.000.000 – 6.500.000

    – Casa Jardine Rp.4.500.000 – 6.500.000

    – Green Mansion Rp. 5.000.000 – 6.000.000

    – Jalan Panjang Rp. 4.000.000 – 7.000.000

    – Kemanggisan Rp.4.000.000 – 5.500.000

    – Permata Buana Rp. 5.000.000 – 6.500.000

    – Teluk Gong Rp.3.000.000 – 4.000.000

    – Green Ville Rp. 3.500.000 – 4.000.000

    – Taman Surya Rp.3.000.000 – 3.500.000

    – Jelambar Rp.2.500.000 – 3.000.000

    Jakarta Selatan

    – Pondok Indah

    Padang Golf Rp.12.000.000 – 16.000.000

    Metro Pondok Indah Rp.8.000.000 – 12.000.000

    Metro Kencana Rp.10.000.000 – 12.000.000

    Gedung Hijau Rp.7.000.000 – 10.000.000

    Sekolah Duta Rp. 8.000.000 – 11.000.000

    Kartika Utama Rp. 9.000.000 – 12.000.000

    Alam Segar Rp.12.000.000 – 13.000.000

    Arteri Pondok Indah Rp.8.500.000 – 12.000.000

    – Kemang

    Jalan Bangka Rp.3.000.000 – 5.000.000

    Kamang Raya Rp.3.000.000 – 4.000.000

    Kemang Utara Rp. 4.000.000 – 5.000.000

    – Pejaten Barat Rp. 2.500.000 – 3.000.000

    – Pejaten raya Rp. 2.500.000 – 3.500.000

    – Kalibata Rp.2.500.000 – 3.500.000

    – Kebayoran baru Rp. 7.000.000 – 8.000.000

    – Kebayoran lama Rp. 6.000.000 – 10.000.000

    – Kuningan Rp.10.000.000 – 15.000.000

    – Tebet Rp.4.000.000 – 5.000.000

    – Pancoran Rp.4.000.000 – 5.000.000

    Jakarta Timur

    – Kayu Putih Rp.3.000.000 – 4.000.000

    – Rawamangun Rp.4.500.000 – 5.000.000

    – Pulo Mas Rp.3.500.000 – 5.500.000

    – Pahlawan Revolusi Rp.4.000.000 – 6.000.000

    – Duren Sawit Rp.3.000.000 – 4.500.000

    – Jalan Pemuda Rp.4.000.000 – 5.000.000

    – Jalan Pramuka Rp.5000.000 – 7.500.000

    – Cipinang Rp.2.700.000 – 3.500.000

    – Matraman Raya Rp.4.000.000 – 6.000.000

    – Klender Rp.3.000.000 – 4.000.000

    – Utan Kayu Rp. 4.000.000 – 4.500.000

    Lain -lain

    – Alam Sutera Rp. 2.500.000 – 3.000.000

    – BSD Rp. 2.000.000 – 4.000.000

    – Sumarecon Serpong Rp.3.000.000 – 3.500.000

    – Cibubur Rp. 1.500.000 – 2.500.000

    – Sentul City Rp. 1.200.000 – 2.500.000

    – Villa Kota Bunga Puncak Rp. 1.500.000 – 2.500.000

    – Villa Green Apple Rp. 1.200.000 – 2.200.000

    – Villa Puncak resort Rp.1.000.000 – 1.200.000

    – Raya Cipanas Rp. 2.000.000 – 2.500.000

    – Depok Rp.1.500.000 – 2.500.000

    – Lippo Karawaci ( non Golf ) Rp. 2.000.000 – 2.500.000

    – Lippo Karawaci ( golf ) Rp. 3.000.000 – 3.500.000

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s