Nyaba Marunda Ngelongok Rumah Pitung dan Masjid Al Alam

Udeh lama banget kepengen nyaba rumahnye bang Pitung ame tuh Masjid bersejarah Al Alam. Akhirnye kesampean juge, padahal rumeh sih nggak jauh-jauh amat masih seputaran Marunda juga.

Rumah yang letaknya di Marunda baru, dulu sih orang nyebutnya kampung sarang bango. Kalo sore saat nyaba rumah yang dikontrakin, saya sama ade-ade, suka duduk-duduk dipinggiran tambak menikmati bango-bango yang pada terbang rendah di seputar tambak. Tapi pembangunan lapak kontainer yang pesat menggusur habitat bango. Jadilah sekarang tinggal kenangan.

Ternyata rumah bang pitung lagi renovasi, juga masjid Al Alam. Jadinya cuma bentaran doang nikmatin ntu rumah. lingkungan yang rada sesek membuat rumah ini menjadi tidak menarik lagi. Mustinya areal sekitar rumah bang Pitung di buat senyaman mungkin sehingga orang-orang yang pade ngeliat betah dan nyaman.

Begitu juga masjid, lebih-lebioh lagi meskipun udah di conblok jalannya. namun terasa penuh sesak karena dikelilingi oleh pemukiman yang nggak tertata dengan baik.

Terlepas dari kekurangan tersebut, rumah bang pitung ame masjid Al Alam tetap perlu dijaga kelestariannya. Sebagai tempat bersejarah, rumah dan masjid ini bukan cuma dikunjungi aje tapi perlu dipelajari hikmah dan dirawat oleh pemerintah bersama masyarakat sekitarnya. Sebab rumah dan masjid ini bisa jadi ladang penghasilan buwat masyarakat dan pemerintah, selain menghargai keberadaannya.

2 thoughts on “Nyaba Marunda Ngelongok Rumah Pitung dan Masjid Al Alam

  1. bang pitung jangan pantang menyerah………
    walaupun kamu sudah tiada tapi banyak orang yang mengenang jasamu……………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s