Betawi Modern : Sukses Dunia Selamat Akhirat

Ingat betul, candaan almarhum Soeradi Soehoed, Pembantu Rektor II, jamannya  almarhum Rektor UHAMKA, Prof. Dr. Qomari Anwar, saat saya berhadapan dan menjabat tangannya di panggung wisuda sarjana, November 1995, 20 tahun yang lalu,”Hey si doel, kamu sarjana sekarang ya!”

Kalimat candaan yang seolah mengingatkan saya bahwa anak betawi jarang yang mempunyai pendidikan “berkelas”. Kebetulan juga lagi ngetop-ngetopnya sinetron si doel anak betawi.

Bahwa kini anak betawi sudah yang banyak kesohor, baik profesi akademis maupun non akademis seperti artis, rahasia umumlah. Tetapi anak betawi yang tidak melupakan akar budayanya, tetap hormat pada yang tua, tidak bisa diam atas ketidakadilan disekitarnya, benarkah masih bersemayam di sanubari cendikiawan betawi, generasi muda betawi?

Secara budaya, rasanya tidak mungkin kita (baca: anak muda betawi) terus mampu bertahan ditengah gempuran budaya asing. Tetapi meminimalisir erosi gempuran itu masih mungkin jika kesadaran melestarikan budaya betawi. Akar budaya betawi yang berlandaskan Islam meskipun sudah berakulturasi dengan budaya lainnya, namun nafas Islam masih sangat kuat mewarnainya.

Keintelektualan akan menjadi kemasan saja jika budaya yang baik dan sesuai dengan ajaran islam tidak dijalankan beriringan dengan kemampuan akademisnya. Anak betawi akan terbawa arus yang sekarang sedang trend di Indonesia. Korupsi berjamaah seolah menjadi sesuatu yang tidak tabu. Korupsi hanyalah sebagian saja dari banyak penyimpangan sosial dewasa ini yang menjadi pemandangan umum di negeri ini. Oleh karenanya, sebagai bagian dari anak bangsa, cerdas secara intelektual harus dibarengi dengan kecerdasa relijius sebgai ciri khas budaya betawi. Bertindak benar sesuai syariat, tepat melakukannya dan kebermanfaatan yang kontinyu bagi lingkungan sangat diharapkan dilakukan oleh generasi muda betawi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s