Menularkan Cinte Budaye

Sebagai bangsa yang hidup berdampingan dengan bangsa lain, kita memang tidak bisa membendung pengaruh yang timbul sabagai hubungan kausalitas antar bangsa tersebut. Interaksi dengan intensitas yang tinggi, perkembangan teknologi dan pertukaran budaya secara khusus mengakibatkan terjadinya infiltrasi budaya, baik kita yang mempengaruhi atau sebaliknya. Derasnya informasi melalui perkembangan internet semakin menggerus nilai-nilai kecintaan anak bangsa terhadap budaya bangsanya.

Persoalan pelestarian budaya memang bukan masalah sederhana, persoalan ini merupakan masalah bangsa. Jadi, perhatian yang serius dari rezim yang berkuasa sangat diharapkan. Peran masyarakat sebagai pemangku adat juga menjadi sandaran atas lestarinya budaya setiap daerah.

Program-program yang berkaitan dengan pelestarian budaya tiap daerah harus disesuaikan dengan pengembangan kurikulum pendidikan. Sayangnya, tidak setiap pemimpin baik di pusat maupun daerah yang selalu memprioritaskan pengembangan pendidika berbasis budaya lokal. Kalau saja, kearifan lokal dapat dijadikan salah satu sandaran yang ajeg bagi pengembangan pelestarian budaya akan sangat mungkin budaya kita secara nasional dapat dengan mudah dilesarikan. Kita bisa berkaca pada prinsip Korea Selatan mengenai produk lokalnya atau Jepang dengan prinsip kebudayaannya.

IMG_8658

Usaha-usaha pelestarian melalui pengenalan budaya baik di sekolah maupun dilingkungan tempat tinggal memang perlu sekali di galakkan agar generasi muda kita tidak selalu gegar budaya dan melupakan akar budaya nenek moyang. Pemerintah memang telah berbuat meski belum maksimal, usaha yang dilakukan pemerintah melalui kementrian pendidikan seperti festival dan Lomba Seni budaya antar sekolah baik tingkat provinsi maupun nasional, atau yang dilakukan oleh kementrian pariwista dan ekonomi kreatif melalui program-program pariwisatanya. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah secra objektif harus didukung oleh masyarakat jika tidak mendapatkan apresiasi yang pantas yang akan menanggung kerugia secara budaya adalah masyarakat sendiri.

Sebagai penutup, sudah saatnya dengan sesegera mungkin dan secara sistematis pemerinta, pemganku adat dan pelaku pendidikan duduk bersama membuat  program yang mendukung pelestarian budaya bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s